Perpindahan Kalor secara Radiasi

PENDAHULUAN

Sama dengan sebelum-sebelumnya, sebelum kita memulai materi, saya sarankan agar Anda terlebih dahulu menyimak video pengantar tentang perpindahan kalor secara konduksi dibawah ini.


Video tentang Radiasi
KAJIAN MATERI
Radiasi atau pancaran adalah perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik (tidak memerlukan medium). Sebenarnya setiap benda memancarkan dan menyerap energi radiasi. Benda panas ada yang berpijar dan ada juga yang tidak berpijar. Kedua benda tersebut memencarkan/meradiasikan energi kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik dengan berbagai panjang gelombang.
Yosef Stefan menemukan bahwa laju rambat kalor secara radiasi tiap satu satuan luas permukaan benda begantung pada sifat dan suhu permukaan benda. Benda yang mengkilap lebih sukar memencarkan kalor daripada benda yang hitan dan kusam. Keadaan tersebut juga berlaku untuk benda yang menyerap kalor. Benda yang permukaannnya mengkilap lebih sukar menyerap kalor daripada benda yang permukaannnya hitam dan kusam. Jadi dspst dikstsksn bahwa benda hitam dan kusam merupakan pemancar dan penyerap kalor yang baik. Hal ini dapat dibuktikan dari eksperimen seperti berikut (klik tombol untuk melihat eksperimen). Kalor yang berpindah secara radiasi dirumuskan dengan persamaan sebagai berikut:



dengan
P = Daya Radiasi/Energi Radiasi setiap Waktu (watt)
Q = Kalor (joule)
t = waktu (s)
e = emisivitas bahan
A = luas penampang (m persegi)
T = suhu (kelvin)
o = konstanta stefan boltzmann (5,67 x e-8)

Sumber:
Redaksi Kawan Pustaka. 2008. Rangkuman Rumus Matematika, Fisika, dan Kimia SMA. Jakarta Selatan: Kawan Pustaka
Youtube.com
Website Pembelajaran Fisika Interaktif  Universitas Pendidikan Ganesha
GoMuda.com

Untuk cara mendownload video di atas tanpa youtube downloader, silahkan baca artikel ini.

#salamACF

Komentar