Sisi Besi yang Lain Ikut Panas...?

Lihat dan coba tebak materi apa yang akan kita bahas kali ini!


                     Nah, bagaimana sobat ACF? apa sudah bisa menerka kita akan membahas apa? Hayo... Itu lho, temannya Radiasi dan Konveksi? Nggak tau? Oh iya lupa, kan belum admin jelaskan tentang itu ya. Oke deh, langsung aja, kali ini kita akan belajar mengenai Konduksi. Sobat ACF coba lihat gambar di bawah ini.


Setelah melihat gambar di samping, apa yang ada di benak sobat ACF? Video sebelumnya? Ada apa dengan video sebelumnya? Ya, tepat sekali, gambar di samping memiliki konsep yang sama dengan yang digunakan pada video yang telah sobat ACF sebelumnya.
           Sobat ACF tau kenapa lilin-lilin yang dipasang pada kawat yang dipanaskan dapat meleleh padahal yang dipanaskan kan hanya ujungnya saja. Ayo, coba, apa jawabannya? Masih belum ada gambaran? Sobat ACF pernah membuat minuman hangat kan? Nah, ketika  kita mengaduk campuran air panas, mengapa kita juga bisa merasakan panas, kan yang bersentuhan langsug dengan air panas kan bagian sendok yang tercelup. Sudah ada pencerahan? Alhamdulillah. Sekarang lihat gambar di bawah ini.
             Nah, ini dia sobat ACF yang menyebabkan lilin dapat meleleh meskipun hanya satu sisi batang yang dipanaskan. Panas dari ujung atau sisi yang dipanaskan akan bergetar dan merambat, sehingga sisi sebelahnya akan ikut panas, begitu seterusnya hingga panasnya mengenai lilin pada sisi atau ujung kawat yang dipanaskan lainnya dan lilinnya meleleh.

Semoga bermanfaat.

Sudah paham tentang Konduksi kan sobat ACF?
Penasaran tentang Radiasi dan Konveksi? Tunggu posting dari admin selanjutnya ya. ;)

Komentar