Gerbang Logika Dasar (Bagian 1)

         Pada bagian ini, kita akan mempelajari beberapa gerbang logika dasar, yakni gerbang logika AND, OR dan NOT. Langsung saja kita ke poin pertama, yaitu gerbang AND.

  • AND
         Gerbang logika ini memiliki dua buah masukan (input-an) dengan satu buah keluaran, dimana keluarannya hanya ada satu buah. Jika inputan dimisalkan sebagai A dan B, maka keluarannya dimisalkan Y. Nilai Y diperoleh dari perkalian antara nilai biner pada masukan A dan nilai biner pada masukan B. Contoh: Ketika masukan A memiliki nilai biner 1 dan masukan nilai B memiliki nilai biner 0, maka Y=A.B=1.0=0. Seperti yang telah ketahui sebelumnya, bahwa apabila pada Y terdapat sebuah lampu, maka pada kasus ini lampu akan padam karena nilai biner dari Y sebesar 0. Untuk simbol dari gerbang ini, lihat gambar di samping.
               Tabel Kebenaran untuk AND
A
B
Y
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1
  • OR
          Bila dilihat dari jumlah masukan dan keluarannya, gerbang ini mirip dengan gerbang sebelumnya, akan tetapi kenyataannya mereka tetaplah berbeda. Mengapa? Pada gerbang ini, hanya apabila kedua masukan bernilai biner 0, maka keluarannya bernilai 0. Itu artinya, apabila salah satu saja dari masukan terhubung atau bernilai biner 1, maka keluarannya pun akan bernilai biner 1. Dari hipotesis tersebut, dapat kita ambil kesimpulan bahwa apabila keluaran Y dihubungkan pada sebuah lampu, dan salah satu masukannya ada yang berniai biner satu, maka lampu akan menyala atau memiliki niali biner 1. Apabila dirumuskan maka: Y=A+B.
                Tabel Kebenaran untuk OR
A
B
Y
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1
  • NOT
         Jika dilihat dari jumlah masukannya saja ia sudah berbeda dengan kedua gerbang sebelumnya. Gerbang NOT atau bisa juga disebut sebagai Inverter ini hanya memiliki satu buah masukan dan satu buah keluaran. Ketika masukannya bernilai biner 0, maka keluarannya menjadi bernilai biner 1, begitu pula sebaliknya. Selain itu, tabel kebenarannya juga hanya terdiri dari dua kemungkinan. Apabila dirumuskan, maka: Y=-A.
     Tabel Kebenaran untuk NOT
A
Y
0
1
1
0

Komentar